Jumat, 08 Mei 2015

Inovasi Pada Motif Batik Pekalongan

Secara formal kapan batik pekalongan dikenal sungguh-sungguh tidak terabadikan. Diperkirakan tahun 1800-an batik pekalongan mulai dikenal. Di Deperindag sendirian mencatat didalam tahun 1802 pernah nimbul motif yang sejenis pohon-pohon dikit sejenis elemen baju yang sama dengan ciri khas pakaian batik pekalongan dahulu disaat dimulai muncul.

Sejarah kemuadian mencatat, perkembangan signifikan batik pekalongan terbentuk sesudah perang yang terbentuk di tahun 1825 sampai 1830 di sekitaran kerajaan-kerajaan mataram atau kita masih menyebutnya perang diponegoro. Perang yang terbangun memaksa banyaknya famili dari asal keraton ataupun para pengikutnya distart meninggalkan wilayah kerajaan untuk mencari nyawa yang kian damai.

motif batik pekalongan

Mereka ratusan juta yang tersebar kearah barat serta timur. Di daerah-daerah baru inilah oknum-oknum ini diawali mengembangkan batik selaku mata pencaharian. sampai masa itu pekalongan selamanya berkembang membuahkan ataupun disebut sebagai kota batik.

Produksi baju Batik Pekalongan
Batik pekalongan senantiasa bertahan dan begitu digemari oleh tiap-tiap segmen pasar para pecinta batik bahkan kali ini. Hal ini tidak lepas dari ratusan pemilik bisnis rendah yang terus-menerus menggiati batik serta bukan monopoli wiraswasta yang bermodal besar saja.

Sejak berpuluh-puluh tahun yang selanjutnya sampai hari ini, sebagian besar tempat produksi baju batik pekalongan ataupun setiap komoditas batik pekalongan lain bukanlah di pabrik-pabrik besar tekstil namun bahkan diwaktu ini dikerjakan di rumah-rumah.
Kondisi itu membuahkan sungguh positif maupun sungguh-sungguh menyatu kental dengan manusia Pekalongan. Batik sudah menciptakan nafas raga sehari-hari penduduk pekalongan yang menghidupi dan dihidupi oleh warga pekalongan.

Ciri baju Batik Pekalongan yang Digemari
Inovasi-inovasi yang dilakukan oleh perajin batik di pekalongan membuat batik membuahkan beraneka corak barang ciptaan yang didagangkan dimasyarakat. Batik-batik pekalongan pernah berkembang menjadi barang buatan baju, celana, blus, gamis, bahkan sendal-sendal yang dihasilkan dengan padu padan dari motif kain batik.

Motif-motif hasil produksi batik dari Pekalongan benar-benar memiliki bentuk dan nuansa yang paling khas maupun paling terang atau eye catching, bagaimanapun juga diakui semenjak dahulu motif baju pekalongan pernah menerima perkembangan yang amat pesat dengan melihat mengikuti perkembangan model disetiap zamannya. Hal inilah yang membikin batik pekalongan terus digemari.

Para perajin dan pengusaha-pengusahanya telah tidak terpenjara dan juga mempedulikan motif batik dengan pakem-pakem turunan dari nenek moyang kerajaan, tetapi yang dikembangkan adalah motif yang mempunyai harga bisnis keatas. jika nimbul tunggal motif batik tertentu laris menawan serta digemari di pasaran, maka perajin ataupun bisnismen hendak membikin selamanya hingga selera pasar atau client menurun. perajin serta bisnismen batik Pekalongan dikala itu salah satunya hanya memproduksi pakaian batik pekalongan cocok dengan selera masyarakat.

Oleh risiko itu tidak kaget batik-batik dari wilayah pekalongan mempunyai kekhasannya sendiri sehingga amat berlainan dari batik-batik dari wilayah penghasil batik berbeda hal itu membentuk produksi batiknya benar-benar digemari berbagai segmen pasar. bagi mengenal dan juga menguasai apakah batik yang hendak sampeyan belanja berasal dari produksi pekalongan betul-betul enteng dan juga enggak amat sulit, kekhasan yang betul-betul terlihat oleh kasat mata dari produksi batik Pekalongan, berupa:

Warna motif batik yang sungguh-sungguh terang dan ngejreng
Motif-motif batik akibat prosedur pembatikannya begitu kekinian atau moderen sehingga sangat digemari dampak berbau kontemporer atau merujuk perkembangan kala serta trend fashion.

Hal tersebut menjadikan para pembatik dan perajin batik di pekalongan betul-betul inovatif. kali ini melimpahnya gaun batik pekalongan yang mempunyai motif inovasi gabungan dengan bernuansa negara-negara asia timur dan juga barat seperti dari India, Arab, Jepang, Arab serta negara-negara lain

Inovasi Pada Motif Batik Pekalongan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hari Purnama

0 komentar:

Posting Komentar